Senin, 10 Oktober 2011

Pemanfaatan Grafik dan Citra Komputer

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan teknologi menuntut kita untuk berinteraksi dengan komputer, terutama dalam perkembangan grafis komputer, atau biasa disebut CG, telah membuat kita dapat berinteraksi dengan mudah dengan komputer , dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi industri dibidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada komputer yang bukan berupa teks atau suara”. Biasanya istilah komputer grafik banyak digunakan pada beberapa hal :

1. Representasi dan manipulasi data citra oleh komputer.
2. Berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar.
3. Pada gambar yang dihasilkan.
4. Sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.

PEMANFAATAN GRAFIK KOMPUTER PADA FILM DENGAN CGI

Penguasaan atas program grafis seperfi Corel Draw, Photoshop, Freehand dan lain-lain memang identik dengan proses pembuatan iklan yang sarat dengan gambar. Bahkan apabila disangkutkan dengan industri perfilman Hollywood, seorang desainer grafis memiliki potensi yang sangat besar untuk berapresiasi sebagai pengemas efek dan segala tetek bengek berbau animasi.

CGI merupakan tehnik penerapan teknologi komputer grafik untuk pembuatan efek kusus (special effect) dalam film. Perangkat lunak (software/program) komputer yang biasanya digunakan dalam penerapan CGI antara lain 3ds Max, Blender, Light Wafe 3D, Maya, dan Autodesk Softimage.

Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak. Permainan video umumnya menggunakan grafik komputer waktu-nyata (jarang disebut sebagai CGI), namun juga sering menggunakan “adegan tengah” (cutscene) yang telah dirender dan film-film pembuka yang mirip dengan penggunaan CGI. Ini dinamakan Full Motion Video (FMV).

Berikut ini adalah film film sukses yang menggunakan teknologi CGI :

1. Avatar
2. Transformer
3. Davy Jones – Pirates of the Carribbean 2 & 3

PEMANFAATAN GRAFIK DAN CITRA PADA BIDANG PENDIDIKAN

Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.

PEMANFAATAN GRAFIK DAN CITRA PADA BIDANG PERANCANGAN

Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

Referensi :
http://tips-tipskomputer.blogspot.com/2010/03/grafik-komputer.html
http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?
http://www.google.com
http://en.wikipedia.org
Modul Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar