Selasa, 02 Maret 2010

PEMUDA DAN SOSIALISASI

PEMUDA DAN SOSIALISASI

Pemuda adalah golongan manusia muda yang akan melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung di Indonesia. Untuk melakukan pembangunan negara agar lebih baik tentu seorang pemuda perlu bimbingan kearah yang baik.

Pada generasi muda ini, mereka banyak mempunnyai masalah-masalah yang bervariasi. Jika permasalahan seoorang pemuda ini tidak teratasi dengan benar, maka pemuda tersebut akan kehilangan fungsinya sebagai penerus pembangunan.

Seorang pemuda memiliki potensi masing-masing pada dirinya,ini yang disebut sebagai sumber daya manusia. Olah karena itu, potensi positif yang dimiliki seorang pemuda harus dikembangkan dan dibimbing sesuai dengan asas, arah, dan tujuan pembangunan bangsa.

Proses kehidupan yang dialami oleh para pemuda Indonesia tiap hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat membawa pengauh yang besar pula dalam membina sikap untuk dapat hidup di masyarakat. Proses demikian itu bisa disebut dengan istilah sosialisasi, proses sosialisasi itu berlangsung sejak anak ada di dunia.

Melalui proses sosialisasi, seorang pemuda akan berpikir untuk kebiasaan-kebiasaan hidupnya. Dengan demikian, tingkah laku seseorang akan dapat diramalkan atau dapat ditebak sifatnya. Dengan proses sosialisasi, seseorang menajadi tahu bagaimana ia mesti bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya. Dari keadaan belum tersosialisasi, menjadi masyarakat sosial dan beradab. Karena kepribadian seseorang akan terbentuk melalui proses sosialisasi. Sosialisasi yang sangat berpengaruh untuk membentuk kepribadian seseorang yaitu keluarga, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan bermain.

Sosialisasi pemuda mempunyai dampak positif dan negatifnya. Saat ini Indonesia sedang mengalami masalah sehingga menimbulkan keadaan sosial yang tidak karuan yang menyebabkan timbulnya perilaku-perilaku menyimpang pada diri masyarakat, hal ini sangat berpengaruh pada seorang pemuda dalam menemukan jati dirinya, kecurangan, penindasan, dan kekerasan menjadi dasar pembentukan karakteristik seorang pemuda pada dewasa ini. Sungguh ini sebuah keadaan yang memilukan mengingat pemuda adalah pemimpin masa depan. Positif atau negatifnya sosialisasi seorang pemuda tergantung pada masyarakat dan lingkungan sosial tempat ia tinggal dan tentu saja pada dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar